Review: Forbidden

She is pretty and talented - sweet sixteen and never been kissed. He is seventeen; gorgeous and on the brink of a bright future. And now they have fallen in love. But... they are brother and sister.

Seventeen-year-old Lochan and sixteen-year-old Maya have always felt more like friends than siblings. Together they have stepped in for their alcoholic, wayward mother to take care of their three younger siblings. As defacto parents to the little ones, Lochan and Maya have had to grow up fast. And the stress of their lives—and the way they understand each other so completely—has also brought them closer than two siblings would ordinarily be. So close, in fact, that they have fallen in love. Their clandestine romance quickly blooms into deep, desperate love. They know their relationship is wrong and cannot possibly continue. And yet, they cannot stop what feels so incredibly right. As the novel careens toward an explosive and shocking finale, only one thing is certain: a love this devastating has no happy ending. 




Forbidden by Tabitha Suzuma

My rating: 4 of 5 stars

FULL SPOILER WARNING !!! BE CAREFULL! HATI HATI

Sumpaaah demi apaaa aku udah nangis dari emm sepertiga buku, dan bayangin aja deh gimana aku bikin lautan air mata di atas kasur karena bertahan baca buku ini sampe akhir.

kind of challenge ya aku akhirnya mau menguatkan diri membaca buku yg tragis kayak gini apalagi sampe berhasil nyelesein (perjuangan bgt soalnya beberapa kali hampir nyerah baca karena takut baca endingnya), soalnya, yaaah daridulu aku ga pernah suka sama novel2 sad ending. Ini serius ya, aku ga suka sama cerita2 sad ending karena terlalu realistis, karena pada kenyataannya ya emg itulah yg akan terjadi dan itu yg bikin nyesek banget. Padahal kan aku maunya baca novel utk kabur dari kenyataan bukan dihadapkan pada kenyataan sepedih ini. Anyway, akhirnya aku tetep baca buku ini karena.... yah karena aku penasaran kenapa orang2 bilang ini buku rekomendasi banget. Kalo secara objektif ya emang jelas buku ini rekomended bgt, bahkan aku bakalan rekomendasiin buku ini untuk beberapa orang buat nyari temen nangis hahaha

Tapi secara subjektif, nah, karena cerita2 sad ending bukan bacaanku banget ya karena efeknya yang bikin kepikiran, bikin depresi, bikin stress karena gak bisa berbuat apa2 buat ngubah alurnya, bikin sedih dan sedih lagi karena ceritanya tragis banget, trus dipaksa buat maklum buat bayangin kalo mungkin ada kehidupan macam itu di salah satu tempat di dunia ini dan bayanginnya aja bikin aku pingin nangis lagi, secara aku tipe orang yang gampang kebawa perasaan banget. 

Yah, jadi itulah kenapa aku paling sering menghindari novel2 sad ending kayak gini. Soalnya sesuai dugaan inilah yang terjadi padaku setelah baca novel ini. Aku kepikiran Lochan dan hidupnya yang tragis, cm bahagia dikit banget tapi banyak sedihnya. Trus kepikiran keluarga mereka yang kehilangan sosok Lochan terutama Maya... Argh! Aku nyerah deh, review lengkap bakal nyusul ya. Sekarang masih emosi banget habis baca novel ini... bakal nangis merinding lagi kalo harus mulai review novel ini dari awal..

Lanjut review >>>>

Lochan ataupun Maya adalah tokoh utama yang gak akan pernah mudah dilupain, terutama Lochan. Novel ini bener2 mencoba memberitahu kalo kita gak boleh nge judge orang cm dari apa yang kita lihat. Bagi orang lain, Lochan adalah tokoh yang cupu, pendiam, aneh, pengecut, penakut, begitulah. Kelebihannya cm pintar dan tampan, tapi dia cupu banget. Ya tapi mereka gak tau aja kalo d rumah Lochan itu sosok orang tua, kakak, pahlawan yang sempurna, baik, perhatian, sabar, yang gak semua anak punya saudara kayak dia. Yah, menurutku cerita ini lebih terpusat kepada Lochan ini. Bagaimana psikologisnya, bagaimana dia dan dunianya yang hanya keluarganya itu, bagaimana dijelaskan bahwa sejak lahir dia gabisa berhubungan dengan orang lain. Itulah kenapa cerita disini jadi make sense kalo akhirnya Lochan bisa jatuh cinta sama adiknya sendiri. Bagi Lochan, dunianya adalah keluarganya, dan emang dari pribadinya kemungkinan kecil banget dia bisa jatuh cinta sama orang lain. Sedangkan utk Lochan, maya adalah satu2nya wanita yang sederajat untuk dia, yang gak cm sebagai saudara, tapi penolong, hidupnya, penopangnya, temannya, belahan jiwanya. Aku bahkan nggak bisa bayangin mereka cuma sebatas itu karena Lochan dan Maya selalu terasa sebagai sepasang kekasih yang harus mengurus tiga adiknya. Yah, aku suka bagaimana Tabitha Suzuma berusaha untuk membuat karakter ini sama sekali tidak terasa gross dan disgusting, malah sebaliknya.

Udah gitu Maya, disini Maya punya karakter yang bisa dibilang bertolak belakang sama Lochan dan dunianya bahkan lebih besar dari Lochan. Tapi maya cuma mencintai Lochan dan dari awal dia selalu mengakui bahwa ia mencintai Lochan lebih dari apapun di dunia ini, bahkan lebih dari adik dan orang tuanya. Ya bisa bayangin sendiri ya cinta macam apa yang bisa sebesar itu. Cintanya maya. Maya adalah karakter yang sangat mudah disukai dan dicintai, dan aku merasa emang Lochan pantas dicintai oleh perempuan kayak Maya. Dan aku ngerasa cuma bakal maya yang bisa mencintai Lochan dgn cara seperti itu, karena cintanya maya itu adalah cinta yang bakal bertahan selamanya *sial aku nulis ini merinding*

Aku bener bener suka kedua karakternya dan bagaimana cara mereka saling mencintai itu yang bikin aku seringkali gak tahan buat nggak nangis. Apalagi masa masa ketika Kit itu jadi yang jahat banget sih sama kakaknya, kok ngomongnya gitu sama kakaknya sendiri!!! Tp untung mereka sempet baikan karena kalo ga aku gatau deh Kit bakal semenyesal apa sama perkataannya. Dan novel ini bener bener kuat di kisah keluarganya juga, mana aku kan gak kuat ya sama kisah2 keluarga jadi ya udah bawaannya mewek terus. Soalnya disini bukan cuma cerita tentang wanita yang ditinggal kekasihnya, tapi juga tentang adik yang kehilangan kakaknya. :'((( 

Lochan dan maya, bisa dibayangin lah apa aja yang harus mereka hadapi karena hubungan mereka bener2 jenis hubungan yang gak akan pernah disetujui oleh dunia dan agama. Bahkan hubungan mereka itu terasa lebih parah daripada lgbt, tp buat aku kenapa rasanya mereka ini seharusnya bisa bersama? Bener kalo mereka bilang sebenernya mereka itu cuma kebetulan lahir dari rahim yang sama, soalnya dari bagaimana mereka mendiskripsikan satu sama lain itu gak pernah terasa sebagai kakak adik, selalu sebagai wanita dan pria, dan itu menunjukkan betapa kuatnya perasaan mereka ini udah lebih dari hubungan biologis.


Dari  5 bintang, aku kurangi satu untuk keegoisanku karena aku nggak pernah suka apapun yang sad ending, entah itu tontonan atau bacaan, apalagi kalau secara objektif ceritanya bagus, bagus banget dan itu untuk empat bintang lainnya. Soalnya hal yang paling bikin aku takut ketika menonton atau membaca yang sad ending adalah kepikiran terus menerus dan kalo inget nangis lagi, nangis lagi. Huff kayaknya aku harus baca yang bisa buat pelarian nih biar gak kepikiran terus. Betapa aku berharap mereka bisa bahagia...

oya ini ada review lanjutan tapi ditulis karena komen di goodreads. hahaha..



8563873
Sasha (seetheworldwithbooks) AAAAHHHH KAMU BACA!!!!!! =D=D=D=D=D=D nyari temen nangis? ada aku :) lol, tapi ini ga sesedih mason list lol harus baca banget!!! ga sad ending kok, tp bittersweet :) anyway lagi aku sebel prah sama adenya, aku lupa namanya siapa tapi wkwkw, nah kalo aku jadi maya kayanya aku udh marah banget sama adenya dan iya setuju bgt kasian lochan, tp aku suka banget ceritannya hehehehe ga gampang lupa walau nyebelin jg kenapa ceritanya harus sad sih :( ga cukup apa mereka ga bs bersama aja, lochan kan ga harus... you know lah :(((less)
Jun 11, 2016 10:11PM · delete
15999701
Linna - Adlina Haezah - yg mana yg endingny bittersweet? aku blm dpt smpe skrg bukunya mason list :((

adenya yg mana? Kit? wkwkwwkk tp nyesek banget deh pas bagian ibunya lapor polisi, kok gitu ya bahkan ibu kandungnya sndiri langsung ngejudge anak lochan sbg abuser kan ga fair bangett huhu... tp disitu pas utk prtama kalinta Kit nangis aku udah sesenggukan lho ...

huaaaa sedih bgt endingnya, sedih dih banget sampe maya juga hampir niat bunuh diri buat nyusul lochan :'(( tapi ya nyesek juga, maksudnya mereka udh ngerancang masa depan kalo bakal ada one day buat mreka jd pasangan normal tapi tapi tapi gak bakal kejadian sampe kapanpun huaaaaa itu kan jadi kepikiran bangetttt aaaaak lochan, maya, pdhl aku cm berharap mereka bahagia selalu, udah gitu aja. tapi ya gimana ya udah rencana si penulis mau begini akhirnya :(((
 (less)
Jun 11, 2016 11:50PM · delete
8563873
Sasha (seetheworldwithbooks) Adlina wrote: "yg mana yg endingny bittersweet? aku blm dpt smpe skrg bukunya mason list :((

adenya yg mana? Kit? wkwkwwkk tp nyesek banget deh pas bagian ibunya lapor polisi, kok gitu ya bahkan ibu kandungnya s..."


WAAAAHHHHH!!! Ga baca mason list ga baca the most epic love story hehehe #lebay. Jangan2 kamu ntr g suka wkwk tapi itu cerita best friend-to lover paling nyesek yg pernah ak baca dan pertama kali baca cerita kaya gitu jd aku suka banget!! Kalo kamu mau, email kamu apa deh sini aku kirim :))

IYA!!!! AKU NANGIS BERULANG-ULANG YANG BAGIAN SI KIT NGEJA LOHAN DAN LOHAN BILANG DIA SELALU MAAFIN KIT. KALIMAT YANG INI LOOHH:

"I want to tell him it’s OK, that I know he never intended for it to come to this, that I understand he simply lashed out in hurt and anger and bitter, bitter disappointment. I want to let him know that of course I forgive him, that absolutely none of this was his fault, that I love him, that I always have, despite everything . . '

tapi iyasih, ini kan sedarah, kalo tiri sih msh wajar kayanya (?) kalo sedarah jijik juga sih hehehe pasti semua orang tua bakal freak out. Sumpah ya lochan itu the most unselfish person in the whole universe. cinta mati sama dia :*** walau maya adiknya aku ngarep mereka bersatu padahal hehehe. sedih jg yg kalimat terakhir yg nyiratin kalo adeknya willa pasti g bakal inget lochan lagi. aaahhh depresi lagi kaaannn :(((((
eh cerita yg mayan sedih jg yg aku rekomendasiin ke kamu itu loh. A thousand boy kisses jg bagus!!! itu ratingnya tinggi bgt sama eh stolen" a letter to my captore jg sedih bgt :((
 (less)
updated Jun 12, 2016 12:29AM · delete
15999701
Linna - Adlina Haezah - waaaaakkk iya kata2 ITUUU, noh kan pingin nangis lagi, huuuh, tapi banyak juga yang sedih banget di akhir. Kayak apa yg dipikirin Lochan terakhir kali, si Lochan itu kalo mikir kan bisa yang daleeeem banget bener2 berusaha mikir sematang2nya makannya pas di akhir dia mutusin untuk... yah... untuk ngelakuin itu, itu juga dia pake mikir banget. Yaampun lochan, dia tuh ga pernah mikirin dirinya sendiri, selalu mikirin orang lain. Selalu mikirin sebab akibat, selalu mikirin adek2nya, dan itu tuh cuma maya doang gitu yang bener2 tau kalo lochan selalu memikirkan segalanya. Maya dan kita si pembaca hahahaha

Tapi emang kalo saudara kandung emang susaaaah banget diterima, bawaannya cm bertanya tanya, kok bisa sih kok bisa? Padahal kalo diposisiin sama misal saudara tiri nih ya, dan mereka juga udah kenal dari lahir, trus jatuh cinta, kita bisa nerima aja, padahal sbenernya kan sama aja. Cm ya masalah darah itu aja ya bikin bedaaa banget, tapi ya emang susah cari jalan keluarnya. Aku aja gabisa bayangin sebenernya kalo di kehidupan nyata hahaha

Trus iya yah, adek2nya si Wila, Tiffin, Kit aku gatau gimana mereka satu persatu berusaha untuk sembuh dari tragedy itu. Aku bahkan nggak mau bayangin ini si maya hidupnya bakal kayak gimana kedepannya, dan aku agak gak mau bayangin dia jatuh cinta lagi *keegoisan pembaca nih*. Uuuhhh Lochan, lochan, lochan, padahal ini cuma fiksi ya tapi aku kok rasanya pingin doain diaaa ajaaa.


Cookieeee kamu jgn rekomendasiin aku yang sad ending dulu ya, aku soalnya lumayan traumatik gitu klo ceritanya sad ending *maafkan*, tapi kalo akhirnya happy aku masih sanggup baca sesedih apapun ceritanya hahaha. Yang stolen sih udah masuk list tapi kayaknya aku belum sanggup baca habis forbidden ini, takut kebawa depresi *aduh, lebay*

oyaaa boleh2 aku minta ebooknya ini ya: adlinahaezah@gmail.com
 (less)
Jun 12, 2016 12:50AM · delete
8563873
Sasha (seetheworldwithbooks) Adlina wrote: "waaaaakkk iya kata2 ITUUU, noh kan pingin nangis lagi, huuuh, tapi banyak juga yang sedih banget di akhir. Kayak apa yg dipikirin Lochan terakhir kali, si Lochan itu kalo mikir kan bisa yang daleee..."

setuju!!!! aku emang a selfish brat, makannya ga sudi kalo pemeran utama ditinggal mati trus jtuh cinta lagi, ga rela aja gituuu! Makannya aku paling kesel kalo akhir buku trus mti nih nah ntr trus ada buku kedua dimana si tokoh yg ditinggal itu moveon!!maygat ga redo :((( Tapi lebih greget lgi kalo cowo yg ditinggal trus cowonya move on wkwkwkw egois banget ya!
iya kalimat itu the best best best bikin nyeseknya! kerasa banget sayang antara ade-kakaknya. Si Kit kan suram ya anaknya tp in the end dia berubah gitu kan dan pas dia ngejar lochan kerasa banget meski dia suram dan sering mrh2 tpi dia sayang lochan dan ga pernah bermaksud buat bikin semuanya jd ky gitu :(( sedih bgttt:(( ak lbh sedih bgian itu drpd pas si lochan bundiri wkwkwkw. Maya kasian banget!!!:((( ak ngerasa penderitaan dia pas dia mau bunuh diri. ga sanggup bgt pasti, udh mah ditinggl ibu yg mabk2an mulu, lochan jg, dan dia hrus nanggung 2 adik2 nya (atau tiga sih?) ya ampun sedihh :(((

yaudah ak sekalian kirim yg kata aku rame yah tpi lucu dan light wkwk dan btw mason list akhirnya happy kok, cuma hrus siap2 gregetan di tengah2 lol :))
 (less)
Jun 12, 2016 01:02AM · delete
15999701
Linna - Adlina Haezah - lhooo iyalhoo aku kan udh tau yak si lochan itu endingnya bakal kayak gimana dari spoi spoi yang kubaca. Dan emang dr awal udh nyiapin diri buat liat adegan itu, dan emang pas bagian itu malah bukan bagian aku nangis yang mewek tersedu2 parah. Cm yang tahan nafassss, geregetan, trus pingin teriak giru.

Aku emang nangis paling kenceng juga pas bagian Kit ngejar2 itu. Dari awal baca buku sbenernya aku malah bayangin Kit bakal nyebelin terus, dan waktu dia udah jadi baik gitu lumayan lega setidaknya si lochan ngerasainlah adeknya gak kurang ajar lagi sama dia. Tapitapitapiiiii aku sama sekali gak nyangka kalo si Kit ini ternyata ya emang cuma anak kecil, liat dia ngejar2 sampe nangis itu aku jd tau kalo selama ini lochan juga dicintai bahkan oleh Kit. Makannya ketika dia pingin bilang betapa dia bakal maafin Kit karena dia sayang sama Kit, dansemacamnya itu tapi gak sempet buat bilang itu langsung ke Kit.... sumpaaaah itu nyesek abissss, aduh merinding kan aku inget bagian itu..


adeknya maya tiga, tuh, dia udh ditinggal papa, mama, trus lochan padahal satu2nya yang bisa bikin dia bertahan hidup dan bertahan buat ngurusin adek2nya, tp juga pergi mana untuk selamanya lagi kan aduh banget. Tp si maya sempet mau pertahanin adeknya kan ya di awal2 cm akhirnya ga sanggup aja. Buset itu aku bayangin gimana dia setelah ditinggal lochan melakukan rutinitas yang sama tapi sekarang ga ada lochan. Si Kit agak gedean sih mau bantu2 tapi ya rasanya beda aja, bedaaaa banget. Kerasa banget ada yg hilang. Ini aja aku pas baca bagian hari2 tanpa lochan udah gatau harus ngerasa apa. Dan gatau juga itu si Wila, Tiffin, sama Kit ngelewati hari2nya perasaannya kayak gimana jugaaa eeeeerrrrr gak sanggup deh gimana sakitnya itu kalo aku jadi mereka.

waaaaakk iyaaaa makasiiiih yaaaaa :3 :3 :3 oiyaaa mason list itu nyeseknya kayak model cerita2nya colleen hoover gt?
 (less)
updated Jun 12, 2016 03:53AM · delete

Comments

Popular posts from this blog

Menyelami Seni dalam Kejiwaan pada buku "Psikologi Seni"

The Magic Of You by Johanna Lindsey (Malory-Anderson Family #4)

Scandal in Spring (The Wallflowers, Book 4)